Home » » Macam - macam Gunung Berapi di Dunia

Macam - macam Gunung Berapi di Dunia

Tentunya anda sudah mengenal dua jenis gunung, yaitu gunung berapi dan tidak berapi. Dan yang akan kita bahas adalah gunung yang berapi.Gunung ini merupakan gunung yang meletus dan mengeluarkan material-material yang ada di dalam perut bumi, selain material-material tersebut gunung berapi juga mengeluarkan awan panas.
Gunung berapi sudah ada sejak jaman dahulu kala semenjak proses pembentukan bumi sehingga sering kali di temukan fosil manusia purba yang tertimbun oleh batuan sisa gunung berapi.



Masih Terdapat Gunung Berapi yang Masih Aktif
Berbagai Macam gunung berapi yang masih aktif tersebar di berbagai penjuru dunia. dan terdapat pula gunung berapi yang aktif dan kemudian menjadi tidak aktif atau bisa di sebut juga mati.Gunung berapi yang mati itu kemungkinan di karenakan habisnya kandungan magma di dalamnya.Letusan dan awan panas dari gunung berapi sangat berbahaya dan menjadi gejala alam yang sangat menakutkan. Oleh karena itu mari kita mengenal macam-macam jenis letusan gunung berapi.

Berikut Adalah Skema Letusan Gunung Berapi




Letusan Gunung Berapi Tipe Stromboli
Letusan ini bersifat spesifik. Letusan-letusannya terjadi dengan interval atau tenggang waktu yang hampir sama.Letusan tipe ini dapat memuntahkan material, lapili bom, dan abu setiap lebih kurang 12 menit.

Letusan Gunung Berapi Tipe Hawai
Letusan ini terjadi karena semua lava yang keluar langsung berbentuk cairan. Sehingga penyebarannya, berpencar ke segala arah. Bentuknya yang keluar dari dalam perut bumi pun seperti perisai atau tameng. Sebagai contoh adalah gunung Maona loa, Maona kea dan Kilauea di hawai.

Letusan Gunung Berapi Tipe Vulkano

Letusan ini dapat mengeluarkan material berbentuk padat. Letusan ini keluar dari dalam perut bumi berdasarkan atas kekuatan erupsi dan kedalaman dapur magmanya. Contoh dari gunung ini adalah Gunung Vesuvius dan Gunung Etna di Italia. Selain itu, ada juga Gunung Semeru di Jawa Timur.

Letusan Gunung Berapi Tipe Merapi

Tipe letusan seperti ini sangat berbahaya sekali karena lava yang keluar sangatlah kental, sehingga dapat menyumbat mulut kawah. Oleh karena itu, tekanan gas yang terdapat di dalam perut bumi semakin bertambah kuat dan dapat memecahkan sumbatan lava.

Sumbatan tersebut kemudian terdorong ke atas, yang berakhir pada terlemparnya lava ke mana-mana. Lava ini menuruni lereng gunung, selain itu keluar pulalah awan panas yang lebih sering dikenal sebagai wedhus gembel atau awan panas.

Letusan Gunung Berapi Tipe Perrey atau Plinian

Letusan tipe ini juga sangat ditakuti masyarakat karena semburannya yang dapat mencapai ketinggian 80km dan sangat merusak lingkungan.

Letusan Gunung Berapi Tipe Pelee

Letusan tipe ini biasanya terjadi karena terdapat penyumbatan kawah di puncak gunung berapi dan bentuknya seperti jarum. Karena sumbatannya kecil, maka tekanan dari dalam perut bumi semakin besar, sehingga jika penyumbatan tersebut tidak dapat dibendung lagi, maka gunung tersebut dapat meletus.

Letusan Gunung Berapi Tipe Sint Vincent

Letusan ini keluar bersamaan dengan air danau kawah dan mengakibatkan air danau tumpah bersama lava. Laharnya yang berbahaya sangat membahayakan manusia.

Setelah Anda mengenal macam macan gunung berapi dengan berbagai letusannya di atas, mudah-mudahan semakin meningkatkan kewaspadaan akan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi


Sumber : http://ihsan-explorer.blogspot.com/2012/04/macam-macam-gunung-berapi-di-dunia.html