Home » , » ALIR PRA PRODUKSI MULTIMEDIA

ALIR PRA PRODUKSI MULTIMEDIA

     CONCEPT DEFINITION / DEFINISI KONSEP
1.      Title Goals / Tujuan
Sesuatu yang dirumuskan dengan jelas dan pada rumusan tujuan perlu dirumuskan tujuan umum yang ingin dicapai oleh sasaran setelah mengikuti program ayng akan di buat.
2.      Audience / Pemirsa (target audience)
Target Audience yang menjadi sasaran utama program yang akan di uat. Dalam pelaksanaannya ( perencanaannya) perlu di tuliskan secara jelas untuk siapa, misalnya untuk siswa SLTP, atau untuk siswa sekolah dasar.
3.      Title Genre  / Aliran / Gaya Judul
Aliran / gaya yang akan di tampilkan dalam suatu program yang akan dibuat, misalnya : dalam pembuatan suatu film, si film tersebut mengambil genre horror.
4.      Marketing requirement / syarat pemasaran
Syarat-syarat yang akan di tempuh untuk nantinya memasarkan program yang akan di buat.
5.      Budget Parameter / Parameter anggaran pembiayaan
Perencanaan anggaran keuangan ( pembiayaan ) yang di persiapkan untuk pembuatan suatu program.
6.      Schedule Requirement / Syarat yang ditempuh dlam daftar
Syarat – syarat perencanaan ( prosedur perencanaan ) yang harus dipersiapkan untuk membuat suatu program.


ü  DESIGN / Model / Pola
1.   Story / conten / Servicw ( Cerita / Isi / Pelayanan )
Isi kandungan dalam cerita yang dibuat pola untuk pemrosesan suatu program.
Pelayanan apa yang akan diberikan setelah jadinya suatu program yang di buat.
2.  Information Architectur ( Arsitektur / Perencanaan Informasi )
Perancangan informasi suatu program agar diketahui halayak akan sebuah program yang akan di buat.
3.  Visual and Sound ( Yang dapat di lihat dan suara )
Tampilan antara kualitas visual/gambar dan suara yang akan ditampilkan dalam suatu program.
4.  Technical /teknis
Teknis-teknis yang dipersiapkan sebelum memproduksi suatu program.
5.  Interaction / timbal balik
6.  Navigation / navigasi
Mengemudikan / sesuatu yang dapat memberikan arah atau minat kita.

ü  PRODUCTION PLAN / Perencanaan Produksi
1.  Storyboard / conten outline
Rangkaian kejadian yang telah dilukiskan kemudian divisualkan dalam perangkat gambar atau sketsa sederhana pasca kartu (dalam pra produksi).
2. Budgeting /penganggaran
Penganggaran pembiayaan yang lebih detail atau jelas dari budget parameter
3. Scheduling/ pembuatan jadwal
Pembuatan jadwal guna pengefektifan waktu dalam menghasilkan produksi suatu program.
4. Asset management
Pengatur asset / pemanfaatan asset yang kita miliki yang di atur oleh seorang manager  ahli asset.
5. Testing / menguji
Menguji baik media atau pihak yag akan digunakan/ masuk dalam suatu program produksi.
6. Staffing/susuna kepegawaian
Susunan kepagawaian /penyusunan susunan kepegawaian yang akan terlibat dalam proses pembuatan suatu program.

ü  DOCUMENTATION / DOKUMENTASI
1.   Design / pola/ model
Model apa /gaya apa yang nantinya akan ditampilkan jika suatu program telah dibuat atau di produksi.
2.  Production Plan / Perencanaan Produksi
Perencanaan-perencanaan apa saja yang tahap demi tahapnya akan dilalui yang nantinya dalam pencapaian suatu program/produksi yang akan di hasilkan.


ü  ASSEMBLE TEAM / REGU/TIM PASANGAN
1.   Designer / Perancang
Pihak/seseorang yang merencanakan perancangan sebuah mutu untuk hasil produksi. Dalam designer ini diantaranya ada yang dikenal dengan costum designer yaitu seseorang bertugas membuat atau memilih dan tata kostum
2.  Produser
Seorang penyandang dana dalam sebuah film.
3.  Technical designer / perancang teknik
Seorang yang berperan dalam penyelarasan kostum, waktu yang tertuang dalam suasana produksi (waktu sekarang / jaman lampau), karakteristik aktor dengan cerita yang telah dipilih dan penata teknik produksi dalam pengambilan gambar untuk uklan/film.
4.  Art Director / sutradara Seni
Seorang asisten sutradara pembuatan produksi yang memperhatikan administrasi, hal yang penting sehingga departemen produksi selalu mengetahui perkembangan terbaru proses pengambilan hasil produksi. Ia bertanggung jawab akan kehadiran actor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, dan juga untuk melaksanakan instruksi sutradara.
Atau bias juga disebut sebagai pengarah artistic dari sebuah produksi.
5.  Audio Producer / Produser Suara
Pihak yang sangat berperan dalam penyatuan dan penyelarasan suara dari berbagai macam jenis dan bentuk suara.
6.  Writer and Editor Penulis dan Pengedit/Redaktur
Writer adalah seorang yang bertugas menulis sebuah naskah dalam pembuatan suatu program produksi yang akan di buat.
Editor adalah seseorang yang bertugas melakukan editing pada hasil pengambilan gambar dalam produksi atau sebutan bagi seseorang yang berprofesi sebagai ahli pemotongan gambar video dan audio.
7.  Graphis artist / garfik artis
Seseorang yang merancang dan mencetak
8.  Cameramen / kameramen
Bertugas mengambil gambil atau mengoperasikan kamera saat shooting pembuatan program produksi.
9.  Programmers/programmer
Pihak yang bertugas menyusun pemrograman suatu program yang akan di produksi.
10. Composer/sound engineer/musicians (perubah/pengatur suara/pemain music)
Sebutan bagi pihak dalam pengerjaan dan pembagian kerja dalam masalah teknis suara.
11. Content specialist / ahli isi
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam penyusunan content/isi yang akan di tampilkan dalam suatu program yang nantinya akan di produksi.
12. Technical assistant / asisten teknik
Seorang pembantu dalam penerapan teknik-teknik dalam suatu program baik dari teknik pengambilan gambar, pemrosesan suara dan lainnya.
13. Production assistant / asisten produksi
Seseorang yang mempunyai jabatan di dalam pembuatan film dan televise dan seseorang yang bertanggung jawab untuk berbagai aspek suatu produksi
14. Lawyer  (advokat/pengacara)
Pihak atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang hokum, khusus dalam hal ini pengacara bertugas sebagai seseorang yang member bantuan hokum, apabila suatu saat ada masalah dengan hal produksi.

ü  BUILDING PROTOYIPE / MEMBANGUN BENTUK ASLI
1. Test out design direction
     2.  Prove our new technology component
Dalam hal ini nantinya ada pembuktian dari pihak-pihak pembuat suatu program bahwa akan memunculkan suatu inovasi dan teknologi baru kepada halayak untuk dapat dinikmati.
    3.   Brainstorming /pengungkapan pendapat
Hak para pihak-pihak untuk mengajukan usulan-usulan apa yang nantinya ituangkan untuk membangun sebuah program / menentukan ide program.
ü  CLEAR RIGHT / KEBENARAN GAMBLANG
          Maksud dalam hal ini yaitu bahwa semua segala sesuatu kebenarannya gamblang, yaitu telah disepakati oleh pihak-pihak terkait dalam proses pra produksi dari mulai concept definition sampai building prototype (isi dari poin-poinnya). Suatu produk baru harus memiliki hak cipta agar tidak dibajak ole orang lain dan untuk membuktikan kepemilikan suatu produk.
ü  CLIENT SIGN –OFF AND FUNDING
Penandatangan kontrak dan pembiayaan
Proses Production
1.   Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnya dalam hal ini dalam proses produksi, jadi semua ciptaan kreasi isi yang ditampilkan perlu adanya kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah isi ciptaan yang sesuai dengan yang telah di konsep sebelumnya.
2.  Graphics / grafik
Adlah garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna dll yang dibina dengan program melukis
3.  Teks / tek
Kombinasi dari beberapa huruf yang membentuk sebuah kata atau ayat yang perkataan itu menerangkan atau membincangkan suatu topic dan topic itu di kenak dengan informasi teks.
4.  Animations / animasi
Adalah paparan urutan lakaran yang di setiap satunya terdapat sedikit perbedaan yang menghasilkan satu pergerakan secra berterusan.
5.  Video
Adalah media digital yang menunjukan susunan / urutan gambar-gambar yang memberikan ilusi, gambaran, serta fantasi kepada gambar yang bergerak.
6.  Visual effect
Special efek di dalam motion picture, merupakan teknik kamera yang membuat ilusi pada pikiran penonton. Contoh pada umumnya menggunakan teknik rear-screens projections atau gambar yang berada yang berada di belakang actor, objek miniature yang terlihat ukurannya sesuai dengan aslinya dan teknik animasi yang membuat makhluk terlihat realistis.
7.  Sound effect
Merupakan suaru-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar baik  waktu, tempat maupun suasana kegiatan atau peristiwa.
8.  Music
Perpaduan bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistik yang tinggi.