CONCEPT
DEFINITION / DEFINISI KONSEP
1. Title Goals / Tujuan
Sesuatu
yang dirumuskan dengan jelas dan pada rumusan tujuan perlu dirumuskan tujuan
umum yang ingin dicapai oleh sasaran setelah mengikuti program ayng akan di buat.
2. Audience / Pemirsa (target audience)
Target
Audience yang menjadi sasaran utama program yang akan di uat. Dalam
pelaksanaannya ( perencanaannya) perlu di tuliskan secara jelas untuk siapa,
misalnya untuk siswa SLTP, atau untuk siswa sekolah dasar.
3. Title Genre / Aliran / Gaya Judul
Aliran
/ gaya yang akan di tampilkan dalam suatu program yang akan dibuat, misalnya :
dalam pembuatan suatu film, si film tersebut mengambil genre horror.
4. Marketing requirement / syarat pemasaran
Syarat-syarat
yang akan di tempuh untuk nantinya memasarkan program yang akan di buat.
5. Budget Parameter / Parameter anggaran
pembiayaan
Perencanaan
anggaran keuangan ( pembiayaan ) yang di persiapkan untuk pembuatan suatu
program.
6. Schedule Requirement / Syarat yang ditempuh
dlam daftar
Syarat
– syarat perencanaan ( prosedur perencanaan ) yang harus dipersiapkan untuk
membuat suatu program.
ü DESIGN
/ Model / Pola
1. Story / conten / Servicw ( Cerita / Isi /
Pelayanan )
Isi
kandungan dalam cerita yang dibuat pola untuk pemrosesan suatu program.
Pelayanan
apa yang akan diberikan setelah jadinya suatu program yang di buat.
2. Information Architectur ( Arsitektur /
Perencanaan Informasi )
Perancangan
informasi suatu program agar diketahui halayak akan sebuah program yang akan di
buat.
3. Visual and Sound ( Yang dapat di lihat dan
suara )
Tampilan
antara kualitas visual/gambar dan suara yang akan ditampilkan dalam suatu
program.
4. Technical /teknis
Teknis-teknis
yang dipersiapkan sebelum memproduksi suatu program.
5. Interaction / timbal balik
6. Navigation / navigasi
Mengemudikan
/ sesuatu yang dapat memberikan arah atau minat kita.
ü PRODUCTION
PLAN / Perencanaan Produksi
1. Storyboard / conten outline
Rangkaian
kejadian yang telah dilukiskan kemudian divisualkan dalam perangkat gambar atau
sketsa sederhana pasca kartu (dalam pra produksi).
2. Budgeting /penganggaran
Penganggaran
pembiayaan yang lebih detail atau jelas dari budget parameter
3. Scheduling/ pembuatan jadwal
Pembuatan
jadwal guna pengefektifan waktu dalam menghasilkan produksi suatu program.
4. Asset management
Pengatur
asset / pemanfaatan asset yang kita miliki yang di atur oleh seorang
manager ahli asset.
5. Testing / menguji
Menguji
baik media atau pihak yag akan digunakan/ masuk dalam suatu program produksi.
6. Staffing/susuna kepegawaian
Susunan
kepagawaian /penyusunan susunan kepegawaian yang akan terlibat dalam proses
pembuatan suatu program.
ü DOCUMENTATION
/ DOKUMENTASI
1. Design / pola/ model
Model apa
/gaya apa yang nantinya akan ditampilkan jika suatu program telah dibuat atau
di produksi.
2. Production Plan / Perencanaan Produksi
Perencanaan-perencanaan
apa saja yang tahap demi tahapnya akan dilalui yang nantinya dalam pencapaian
suatu program/produksi yang akan di hasilkan.
ü ASSEMBLE
TEAM / REGU/TIM PASANGAN
1. Designer / Perancang
Pihak/seseorang
yang merencanakan perancangan sebuah mutu untuk hasil produksi. Dalam designer
ini diantaranya ada yang dikenal dengan costum designer yaitu seseorang bertugas
membuat atau memilih dan tata kostum
2. Produser
Seorang
penyandang dana dalam sebuah film.
3. Technical designer / perancang teknik
Seorang
yang berperan dalam penyelarasan kostum, waktu yang tertuang dalam suasana
produksi (waktu sekarang / jaman lampau), karakteristik aktor dengan cerita
yang telah dipilih dan penata teknik produksi dalam pengambilan gambar untuk
uklan/film.
4. Art Director / sutradara Seni
Seorang
asisten sutradara pembuatan produksi yang memperhatikan administrasi, hal yang
penting sehingga departemen produksi selalu mengetahui perkembangan terbaru
proses pengambilan hasil produksi. Ia bertanggung jawab akan kehadiran
actor/aktris pada saat dan tempat yang tepat, dan juga untuk melaksanakan
instruksi sutradara.
Atau bias
juga disebut sebagai pengarah artistic dari sebuah produksi.
5. Audio Producer / Produser Suara
Pihak yang
sangat berperan dalam penyatuan dan penyelarasan suara dari berbagai macam
jenis dan bentuk suara.
6. Writer and Editor Penulis dan
Pengedit/Redaktur
Writer
adalah seorang yang bertugas menulis sebuah naskah dalam pembuatan suatu
program produksi yang akan di buat.
Editor
adalah seseorang yang bertugas melakukan editing pada hasil pengambilan gambar
dalam produksi atau sebutan bagi seseorang yang berprofesi sebagai ahli
pemotongan gambar video dan audio.
7. Graphis artist / garfik artis
Seseorang
yang merancang dan mencetak
8. Cameramen / kameramen
Bertugas
mengambil gambil atau mengoperasikan kamera saat shooting pembuatan program
produksi.
9. Programmers/programmer
Pihak yang
bertugas menyusun pemrograman suatu program yang akan di produksi.
10. Composer/sound engineer/musicians
(perubah/pengatur suara/pemain music)
Sebutan
bagi pihak dalam pengerjaan dan pembagian kerja dalam masalah teknis suara.
11. Content specialist / ahli isi
Pihak atau
seseorang yang mempunyai keahlian dalam penyusunan content/isi yang akan di
tampilkan dalam suatu program yang nantinya akan di produksi.
12. Technical assistant / asisten teknik
Seorang
pembantu dalam penerapan teknik-teknik dalam suatu program baik dari teknik
pengambilan gambar, pemrosesan suara dan lainnya.
13. Production assistant / asisten produksi
Seseorang
yang mempunyai jabatan di dalam pembuatan film dan televise dan seseorang yang
bertanggung jawab untuk berbagai aspek suatu produksi
14. Lawyer
(advokat/pengacara)
Pihak atau
seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang hokum, khusus dalam hal ini
pengacara bertugas sebagai seseorang yang member bantuan hokum, apabila suatu
saat ada masalah dengan hal produksi.
ü BUILDING
PROTOYIPE / MEMBANGUN BENTUK ASLI
1. Test out design direction
2. Prove
our new technology component
Dalam
hal ini nantinya ada pembuktian dari pihak-pihak pembuat suatu program bahwa
akan memunculkan suatu inovasi dan teknologi baru kepada halayak untuk dapat
dinikmati.
3. Brainstorming
/pengungkapan pendapat
Hak
para pihak-pihak untuk mengajukan usulan-usulan apa yang nantinya ituangkan
untuk membangun sebuah program / menentukan ide program.
ü CLEAR
RIGHT / KEBENARAN GAMBLANG
Maksud dalam hal ini yaitu bahwa semua
segala sesuatu kebenarannya gamblang, yaitu telah disepakati oleh pihak-pihak
terkait dalam proses pra produksi dari mulai concept definition sampai building
prototype (isi dari poin-poinnya). Suatu produk baru harus memiliki hak cipta
agar tidak dibajak ole orang lain dan untuk membuktikan kepemilikan suatu
produk.
ü CLIENT
SIGN –OFF AND FUNDING
Penandatangan
kontrak dan pembiayaan
Proses Production
1. Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnya
dalam hal ini dalam proses produksi, jadi semua ciptaan kreasi isi yang
ditampilkan perlu adanya kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah isi
ciptaan yang sesuai dengan yang telah di konsep sebelumnya.
2. Graphics / grafik
Adlah
garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna dll yang dibina dengan program melukis
3. Teks / tek
Kombinasi
dari beberapa huruf yang membentuk sebuah kata atau ayat yang perkataan itu
menerangkan atau membincangkan suatu topic dan topic itu di kenak dengan
informasi teks.
4. Animations / animasi
Adalah
paparan urutan lakaran yang di setiap satunya terdapat sedikit perbedaan yang
menghasilkan satu pergerakan secra berterusan.
5. Video
Adalah
media digital yang menunjukan susunan / urutan gambar-gambar yang memberikan
ilusi, gambaran, serta fantasi kepada gambar yang bergerak.
6. Visual effect
Special
efek di dalam motion picture, merupakan teknik kamera yang membuat ilusi pada
pikiran penonton. Contoh pada umumnya menggunakan teknik rear-screens
projections atau gambar yang berada yang berada di belakang actor, objek
miniature yang terlihat ukurannya sesuai dengan aslinya dan teknik animasi yang
membuat makhluk terlihat realistis.
7. Sound effect
Merupakan
suaru-suara yang dapat memberikan gambaran suasana atau latar baik waktu, tempat maupun suasana kegiatan atau
peristiwa.
8. Music
Perpaduan
bunyi yang mempunyai arti dan nilai artistik yang tinggi.